Laman

Rabu, 13 April 2011

Pesona Surga Di Gili Nanggu Lombok



Gili Nanggu adalah pulau kecil yang terletak di Lombok Selatan, sekitar 20 menit dari Pelabuhan Lembar dan 15 menit menyeberang dengan perahu motor dari Tawun. Di pulau kecil berterumbu karang dangkal ini tersedia penginapan yang katanya milik perorangan. Pantainya jernih kehijauan. 5 meter dari pantai sudah bisa menikmati terumbu karang dengan ikan hias berwarna-warni berlalu-lalang.


Gili-gili ini merupakan pulau-pulau kecil yang berada di lepas-lepas pantai pulau Lombok. Antara lain ada di lepas pantai bagian utara-barat, selatan-barat , utara-timur dan bagian selatan. Keunikan yang tidak bakal kita lupakan, Gili ini mempunyai panorama yang sangat aduhai dengan pasir putihnya dan air lautnya yang berwarna kehijauan dan pantai yang landai panorama bawah laut dengan ikan-ikan berwarna-warni. Salah satu Gili tersebut adalah Gili Nanggu yang terdapat diarah barat daya pulau Lombok. Gili Nanggu ini tadinya hanyalah sebuah private island yang kemudian dibuka untuk umum. Di barat daya ini GIli Nanggu berupa pulau terjauh dari kumpulan 3 pulau yang berdekatan. Pulau ini sangatlah kecil, untuk mengitarinya tidak cukup waktu sejam dengan topografi pantai ada yang berupa pasir dan ada berupa terumbu karang, sehingga pulau ini juga cocok untuk menikmati sunset maupun sunrise. Dan yang tidak harus dilewatkan adalah melihat ikan-ikan warna-warni dengan snorkeling, tidak usah takut untuk yang tidak bisa berenang, snorkeling cukup hanya beberapa meter dari pantai dengan kedalaman hanya sedalam dada orang dewasa dengan arus kecil.


Untuk mencapai pulau ini, kita cukup meyewa kapal motor yang berada di daratan Lombok -daerah sekotong-selatannya pel Lembar , dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit. Dan sebelum menyeberang sebaiknya juga langsung menyewa peralatan snorkelingnya karena di pulau sewanya lebih mahal, sewa diseberang +/- 50 ribu sepaket-ditawar saja. Dan selama penyeberangan kita juga disuguhi panorama pulau Lombok yang juga ciamik dengan backgroun bukit-bukit tandus dan laut biru yang bening.

Pesona alam bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan salah satu alasan utama banyak tamu yang datang setiap hari untuk bermain di pantai. Hanya turun beberapa meter ke laut maka ikan-ikan jinak yang berwarna-warni akan datang mendekat. Selain itu juga terdapat terumbu karang dan binatang-binatang laut lainnya yang sangat indah.
Kicau merdu burung menjelang matahari terbit dan kesunyian alam saat matahari tenggelam menciptakan suasana sungguh romantis, menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat yang cocok bagi pasangan yang berbulan madu.


Untuk fasilitas di pulau ini sudah disediakan beberapa pondok dan tempat berlabuh kapal. Dan saat ini ada pihak swasta yang sedang membangun bungalow berupa resort di tengah pulaunya. O iya, setelah berenag juga tidak usah risau untuk showernya, shower yang tersedia juga sangat unik dengan desain yang tradisional-modern. Dan yang sangat membuat pulau ini nyaman tentunya terbebas dari pedagang asongan maupun warung-warung, sehingga privatisasi kita sangat terjaga, sehingga kita perlu membawa persediaan makan..hehehe…Dan selain itu pulau ini catuan listriknya hanya bergantung 3 tiga buah tenaga angin, sehingga kita juga tidak bakal mendengar suara bising dari perangkat elektronik. Yup, pulau ini sangat cocok sekali bagi mereka yang mendambakan suasana yang sangat hening dengan panorama yang aduhai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar